Sabtu, 18 Agustus 2012

VISA JANGKA PANJANG UNTUK ISTRI/PASANGAN ORANG PRANCIS (VISA DE LONG SEJOUR POUR CONJOINT DE FRANCAIS

Setelah menikah dan mendapatkan buku keluarga (Livre De Famille), kita masih harus mendapatkan VISA JANGKA PANJANG UNTUK ISTRI/PASANGAN ORANG PRANCIS (VISA DE LONG SEJOUR POUR CONJOINT DE FRANCAIS), yang berlaku untuk 1 tahun.

 Adapun syarat- syarat yang dibutuhkan oleh bagian visa di kedutaan yaitu: 

  • Livret De Famille ( Buku Keluarga Perancis )
  • Formulir Visa Long Sejour bisa didapatkan dari Kedutaan Perancis
  • Pas Foto 3 lembar 4,5 cm X 3,5 cm dengan latar belakang warna putih.
  • Surat Undangan dari Suami/ pasangan WN perancis
  • Surat keterangan domisili ( rekening telepon/ pembayaran Apartemen ) Suami/ pasangan WN Perancis
  • ID card Suami/ pasangan WN Perancis
  • Bukti keuangan (rekening bank) atau slip gaji suami/istri.
  • Print out booking tiket pesawat.
  • Passport pemohon
  • Foto copy KTP pemohon
 
Dokumen sertifikat DILF A1 yang dikeluarkan oleh OFII perancis dan CCF (Centre Culturel Francais) Jakarta 
Dan untuk mendapatkan sertifikat DILF A1, kita setelah melakukan test yang diselenggarakan oleh CCF atas rekomendasi kedutaan perancis. Test ini terbagi atas 2 (dua ) bagian, yaitu test bahasa perancis dasar dan test Valeur De Republique Francaise (test pengetahuan umum Perancis ) dan sertifikat ini dikirim via email dengan tebusan ke peserta dan kedutaan. Bila gagal pada saat test akan diberikan kursus gratis (40jam test bahasa perancis dasar dan 4jam untuk test pengetahuan umum perancis)
 
Ketika aku ikut test, sempat gagal (asli sedih banget, jadi diundur deh ketemu suami), namun akhirnya setelah kursus selama kurang lebih 2 minggu, lalu test bahasa perancis dasar untuk yang ke dua kalinya, aku dinyatakan lulus, dan minggu berikutnya aku sudah mendapatkan stiker visa long sejour di passport ku. Bisa bernafas lega deh, hehehe

Oh ya, untuk pembuatan Visa Long Sejour tidak dikenakan biaya alias gratis.

4 komentar:

  1. hello kenalin nama saya ega,,

    mba kalou bikin visa long sejour ya di perancis langsung bisa gak?

    thx you ..

    BalasHapus
  2. mba bisa tidak mengajukan visa long sejour di perancis,karna bulan depan saya akan ke prancis dengan visa 3 bulan untuk berkunjung orang tua swami?

    BalasHapus
  3. Pagi dear sister:) aku saat ini baru akan mengikuti test bahasa dan nilai kebangsaan perancis di IFI, kira2 apa aja ya materi soal yg akan diberikan. Tmksh ya :)

    BalasHapus
  4. Pagi dear sister:) aku Eliya saat ini aku sedang mengurus visa jangka panjang sebagai istri orang perancis yg baru saja menikah 1 bulan yl di perancis. Untuk itu aku harus mengikuti tes bahasa dan nilai2 kebangsaan perancis di IFI Jkt. Aku mau menanyakan ttg materi apa aja yg akan diberikan dlm tes nanti. Makasih sebelumnya ya utk infonya :)
    Salam

    BalasHapus